Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 005 DESA BUKIT RANAH KABUPATEN KAMPAR

NUR ELFAHIRA, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 005 DESA BUKIT RANAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UIN SUSKA.

[img]
Preview
Text
pernyataan upload - nurelfahiraa 28.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR ELFAHIRA - nurelfahiraa 28.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
SKRIPSI NUR ELFAHIRA - nurelfahiraa 28.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Elfahira, (2025): Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SDN 005 Desa Bukit Ranah Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran inside outside circle di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Desa Bukit Ranah Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 29 orang siswa. Objeknya penerapan model pembelajaran inside outside circle dan kedisiplinan belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan yaitu analisis deskripsi Kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inside outside circle dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Hal ini dilihat sebelum tindakan kedisiplinan belajar siswa hanya 43,10% atau dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kedisiplinan belajar siswa menjadi 62,28% atau dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II kedisiplinan belajar siswa menjadi 78,13% atau dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inside outside circle dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Desa Bukit Ranah Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inside Outside Circle, Kedisiplinan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUSIBA, -2019107602susiba@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:04
Last Modified: 17 Jul 2025 06:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90578

Actions (login required)

View Item View Item