Edison Manulang (2012) ANALISIS ADMINISTRASI KEARSIPAN DI BAGIAN UMUM KANTOR BUPATI PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012255ADN.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Keseluruhan kegiatan organisasi pada dasarnya membutuhkan informasi. Informasi menjadi bagian yang sangat penting untuk mendukung proses kerja administrasi dan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dan birokrasi. Salah satu sumber informasi penting yang dapat mendukung proses kegiatan administrasi maupun birokrasi adalah arsip. Arsip berfungsi sebagai rekaman informasi dari seluruh aktifitas organisasi, sebagai pusat ingatan, sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan, dan sebagai bukti eksitensi organisasi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Administrasi Kearsipan di Kantor Bupati Pelalawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Administrasi Kearsipan DibagianUmum Kantor Bupati Pelalawan yang meliputi : Penerimaan surat masuk, Sistem penyimpanan, Pemeliharaan, Penemuan kembali, Penyusutan arsip, danPemusnahan arsip. Metode yang peneliti gunakan untuk menganalisa penelitian ini melakukan pendekatan secara deskriptif kualitatif berdasarkan data yang diperoleh (data sekunder) dan data primer dari wawancara serta kuesioner (angket). Setelah dilakukan analisa, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Administrasi Kearsipan pada Bagian Umum kantor Bupati Pelalawan dapat dikatakan sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat pada system penyimpanan arsip yang disimpan, karena arsip yang diperlukan itu dapat ditemukan kembali dengan tepat. Meskipun masih memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah dalam menggunakan system pokok masalah yang mana masih terdapat pokok masalah yang sama dengan nomor yang berbedahal ini tentunya dapat menyulitkan dalam penataan arsip. Didalam pengarsipan surat juga masih kurang maksimal yakni kartu kendali hanya mengunakan rangkap dua. Pada perawatan atau pemeliharaan arsip kurang diperhatikan, selainitu, pelaksanaan penyusutan dan pemusnahan arsip tidak mengikuti prosedur yang ada. Maka untuk itu hendaknya petugas di Bagian Umum untuk menguasai keterampilan dibidang kearsipan, hal ini dikarenakan arsip merupakan sumber informasi penting dalam penyelesaian suatu pekerjaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diharapkan bagian Umum Kantor Bupati Pelalawan kedepannya dalam melakukan proses filling cabinet, selain menggunakan manual proses disarankan untuk menggunkan sistem komputerisasi, baik mengimput data, proses pengolahan data dan out put data sehingga kerja dari proses filling cabinet kearsipan dapat lebih cepat dan efisien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 04:44 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 04:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9057 |
Actions (login required)
View Item |