Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 182 PEKANBARU

FADWA TSANIYAH, - (2025) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 182 PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA.

[img]
Preview
Text
pernyataan upload - Fadwa Tsaniyah.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FADWA TSANIYAH - Fadwa Tsaniyah.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB IV - Fadwa Tsaniyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fadwa Tsaniyah, (2025) : Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 182 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran project based learning di kelas IV SDN 182 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 orang guru dan 27 siswa sementara objeknya adalah model pembelajaran project based learning dan keterampilan menulis siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran project based learning. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, keterampilan menulis karangan narasi siswa adalah 43,6 atau tergolong dalam kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, keterampilan menulis karangan narasi siswa meningkat menjadi 60,74 atau masih tergolong dalam kategori cukup tinggi, dan pada siklus II, keterampilan menulis karangan narasi siswa meningkat menjadi 81,92 atau tergolong kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 182 Pekanbaru. Kata Kunci: Project Based Learning, Keterampilan Menulis Karangan Narasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNURHASNAWATI, -2006026801nurhasnawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:50
Last Modified: 17 Jul 2025 04:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90566

Actions (login required)

View Item View Item