VENI PEBRINA (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.
|
Text (BAB GABUNGAN)
GABUNGAN KECUALI BAB HASIL - Veni Pebrina Pendidikan Kimia.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
BAB HASIL - Veni Pebrina Pendidikan Kimia.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
|
Text (PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN - Veni Pebrina Pendidikan Kimia.pdf - Published Version Download (354kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Veni Pebrina (2025) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam mempelajari ilmu kimia. Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada saat ini masih tergolong rendah sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 di kelas X SMA Negeri 2 Tambang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan desain yang digunakan adalah Pretest-posttest Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk mengetahui adanya pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan uji koefisien determinasi untuk mengetahui besar pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Uji-t menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,047 kecil dari 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 80,52 dan kelas kontrol sebesar 74,10, sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima; (2) Uji koefisien determinasi diperoleh nilai (r2) = 0,223 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur sebesar 22,3%. Kata Kunci: Discovery learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia | ||||||||
| Depositing User: | Mr. Supliadi | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:29 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Jul 2025 03:29 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
