Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 37 PEKANBARU

ELFINA SYAHRAINI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA.

[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan Elfina Syahraini - Fina Syahraini.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Elfina Syahraini Tanpa Bab Hasil - Fina Syahraini.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
Skripsi Elfina Syahraini Bab Hasil - Fina Syahraini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerja sama siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran think talk write dengan berbantuan media powerpoint di kelas IV SDN 37 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 30 orang siswa. Objeknya penerapan model pembelajaran think talk write dengan berbantuan media powerpoint dan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dengan berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan kerja sama siswa. Hal ini dilihat sebelum tindakan kerja sama siswa hanya 36,67% atau dengan kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kerja sama siswa menjadi 66,07% atau dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II kerja sama siswa menjadi 83,93% atau dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dengan berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 37 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMimi Hariyani, -2013058501Mimi-PGMI@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 14 Jul 2025 09:03
Last Modified: 14 Jul 2025 09:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90123

Actions (login required)

View Item View Item