Sugimin (2011) PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG (TABUNGAN MASYARAKAT PEKANBARU/TAMARU) PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_201183.pdf Download (573kB) | Preview |
Abstract
PT. Bank Perkreditan Rakyat Pekanbaru merupakan salah satu perusaha perbankan milik pemerintah daerah kota Pekanbaru yang bergerak dalam dunia perbankan(simpan pinjam dan transaksi yang lain) yang disingkat BPR Pekanbaru, BPR Pekanbaru saat ini masih beroperasi diwilayah dan disekitar kota pekanbaru yang terdekat. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh atribut produk terhadap minat nasabah menabung (tabungan masyarakat pekanbaru/TAMARU) pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Pekanbaru. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket kepada nasabah tabungan TAMARU. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data skunder sedangkan analisa data mengunakan metode diskriptif kuantitatif yaitu mengunakan metode/ rumus regresi sederhana dan regresi berganda untuk mengetahui apakah ada pengaruh atribut produk terhadap minat nasabah untuk menabung (Tabungan Masyarakat Pekanabaru/ TAMARU). Berdasarkan penelitian terbukti sesuai hipotesis bahwa F hitung = 26,154 > F tabel pada taraf signifikan (α) 5%, d.f. : 97-5-1; 5 adalah sebesar 3,25 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa secara bersama-sama variable bebas pada penelitian ini berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Hasil t hitung untuk masing-masing sub variabel bebas dengan tingkat keyakinan 95 % (a : 0.05) adalah: t hitung jenis layanan yang disediakan = 2.084 > t tabel = 1,980, t hitung, fasilitas yang tersedia = 2,564 > t tabel = 1,980, t hitung banyaknya tersebar kantor cabang pembantu = 2,750 > t tabel = 1,980, t hitung Lokasi = 4,796 > t tabel = 1,980, t hitung Tingkat suku bunga = 2,226 > t tabel = 1,980. Dengan demikian Ho ditolak karena t hitung setiap dimensi variabel bebas lebih besar dari t tabel, artinya dimensi-dimensi dari variabel bebas berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menabung tabungan TAMARU. Dan Dari hasil perhitungan R2 Sebesar 0,567, hal ini menunjukan bahwa hanya 56,70 % pengaruh atribut produk BPR Pekanbaru terhadap minat ditentukan variabel bebas. Sedangkan sisanya 43,30% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Untuk itu perlunya lebih menyiasati dan meneliti akan keberadaan atribut dalam sebuah produk yang akan ditawarkan dengan meningkatkan jenis layana, fasilitas, kantor cabang pembantu, lokasi maupun tingkat suku bunga yang lebih baik sehinga menemukan keungulan-keungulan yang nanti dapat mempengaruhi minat para nasabah pada produk BPR Pekanbaru Kata Kunci : Atribut Produk, Minat dan Kredit
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 08:16 |
Last Modified: | 14 Jan 2016 08:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/894 |
Actions (login required)
View Item |