Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ILMU TEKNOLOGI MUTIARA GLOBAL

DEA NUR SAPITRI, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ILMU TEKNOLOGI MUTIARA GLOBAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB HASIL - Dea Nur Sapitri.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB HASIL - Dea Nur Sapitri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI - Dea Nur Sapitri.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP IT Mutiara Global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP IT Mutiara Global. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa diantarannya, siswa kurang mampu mengevaluasi argumen secara kritis dan siswa kurang mampu menyimpulkan persoalan yang sedang di bahas. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian Quasi Experiment dengan desain nonequevalent control group. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 61 siswa dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu Observasi, Tes dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji Independent Sample t-Test), dan Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian analisis dan data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas eksperimen menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation memperoleh kategori lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan rata-rata Posttest pada kelas eksperimen sebesar 86,35 dan kelas kontrol sebesar 75,60. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh thitung dan ttabel yaitu 6,477 > 0,4438 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran Group Investigation terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP IT Mutiara Global. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, berpikir kritis, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKUSNADI, -2012126701kusnadirfan@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:23
Last Modified: 04 Jul 2025 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89353

Actions (login required)

View Item View Item