Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) MENGGUNAKAN KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 KAMPAR UTARA”

WIRDATUL NIKMA, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) MENGGUNAKAN KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 KAMPAR UTARA”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PEENELTIIAN (BAB IV) - Wirdatul Nikma.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Wirdatul Nikma.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PUBLIAKSI - Wirdatul Nikma.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kampar Utara Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kampar Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan rincian 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantuan Kahoot dan model Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kampar Utara. Dibuktikan dengan thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (8,808 > 1,671) dan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,000 < 0,05). Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantuan Kahoot terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kampar Utara. Perbedaan mean sebesar 15,00232 dengan standar error 1,70326 menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil persentase angket motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 83,76 % lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 67,6%. Kata Kunci: Kahoot, STAD dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZetri Rahmat, M.Pd, -2012079102ZetriRahmat@uin-suska.ac.id.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 02 Jul 2025 08:05
Last Modified: 02 Jul 2025 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89216

Actions (login required)

View Item View Item