RAHMA DEWI, - (2025) IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA DAMAI SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA.
|
Text
pernyataan upload - Rahma Dewi.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
TESIS RAHMA DEWI_compressed - Rahma Dewi.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
BAB IV - Rahma Dewi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahma Dewi (2025) Implementasi Sekolah Ramah Anak dalam Pembentukan Karakter Cinta Damai Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam pembentukan karakter cinta damai siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. SRA merupakan program yang dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan inklusif, serta memenuhi hak-hak anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dengan kepala sekolah, koordinator tim pelaksana SRA, guru, dan perwakilan siswa seta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN 3 Kota Pekanbaru berhasil menerapkan kebijakan SRA secara sistematis melalui tahapan persiapan, perencanaan, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi, yang didukung oleh kebijakan sekolah, penyediaan sarana prasarana, pelatihan guru, serta partisipasi aktif siswa, orang tua, dan masyarakat. Pembentukan karakter cinta damai siswa dilakukan melalui tiga tahapan: pengetahuan nilai-nilai damai, pelaksanaan dalam aktivitas sehari-hari, dan pembiasaan perilaku damai dengan sikap saling menghargai, komunikasi santun, anti kekerasan, dan penuh kasih sayang diintegrasikan dalam pembelajaran dan budaya sekolah. Faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi implementasi SRA meliputi budaya sekolah, ketersediaan fasilitas, pendekatan pembelajaran yang humanis, peran guru, dukungan orang tua, dan kondisi sosial. Penelitian ini memeberikan wawasan mendalam tentang pentingnya penerapan SRA dalam membentuk karakter cinta damai pada diri siswa. Implikasi praktis dan teoritis dari temuan penelitian memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pendidikan karakter di madrasah lain serta rekomendasi bagi pemerintah untuk memperkuat kebijakan SRA demi menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik. Kata Kunci: Sekolah Ramah Anak, Karakter Cinta Damai, MIN 3 Kota Pekanbaru
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
| Depositing User: | Gusneli - | ||||||||||||
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:21 | ||||||||||||
| Last Modified: | 02 Jul 2025 04:22 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
