Ani Budiarti (2013) PENERAPAN STRATEGI TABEL “T” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KOPERASI SISWA KELAS IV SDN 014 SEGATI KECAMATAN LANGGAM KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_20131319PGMI.pdf Download (356kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 014 Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan dijumpai gejala-gejala yang berhubungan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS diantaranya: Dari nilai ketuntasan yang ditetapkan sekolah yaitu 70, maka pada kelas IV dari jumlah siswa sebanyak 28 orang, terdapat 14 orang siswa saja yang mendapatkan nilai hasil belajar di atas KKM atau sebesar 50%, sedangkan sisanya 14 orang atau sebesar 50% masih di bawah KKM yang ditentukan. Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, hal ini terlihat bahwa lebih dari 70% siswa memiliki nilai tugas yang rendah. Dalam proses pembelajaran, siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya apalagi bertanya. Hal tersebut terlihat ketika sesi Tanya jawab, dimana dari 25 orang siswa hanya 12 orang saja atau sebesar 48% yang bias menjawab dan itupun hanya siswa tertentu saja, sedangkan sisanya yaitu 13 orang atau 52% lebih banyak diam ketika ditanya guru, atau disuruh bertanya. Adapun rumusan penelitian ini yaitu Apakah Penerapan strategi pembelajaran tabel “T” dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 014 Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan? Dan bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran tabel “T”dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 014 Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 54.86 dengan kategori kurang, kemudian dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I diperoleh rata-rata 69.91 dengan kategori cukup. Sedangkan tindakan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 78.71 dengan ketegori baik dengan ketuntasan mencapai 100%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 10:23 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 10:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8898 |
Actions (login required)
View Item |