Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK TUGAS UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN PARTNER SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 011 SEI SIMPANG DUA KECAMATAN KAMPAR KIRI HILIR KABUPATEN KAMPAR

Hasnita (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK TUGAS UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN PARTNER SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 011 SEI SIMPANG DUA KECAMATAN KAMPAR KIRI HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131233PGMI.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan tes awal yang penulis peroleh setelah pelaksanaan pembelajaran PKn di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 011 Sei Simpang Dua Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar, peneliti mendapati bahwa bayaknya nilai siswa yang tidak tuntas dari KKM yang telah ditentukan yaitu 65. Hal ini terbukti dari 16 siswa hanya 8 orang saja yang tuntas. Ketika guru melakukan Post Test, sekitar 80% siswa tidak bisa mengerjakan dengan benar dan ketika diminta untuk mengerjakan soal PR, hanya 8 orang siswa atau 50% saja yang benar-benar mengerjakan sendiri Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 011 Sei Simpang Dua Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar ysmh berjumlah 16 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif teknik tugas untuk pembelajaran dengan partner yang dilaksanakan berdasarkan langkah-langkah pelaksanaannya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa Sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 63 dengan kategori cukup, kemudian pada siklus I mendapatkan rata-rata 73 dengan kategori baik dan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 83 dengan ketegori baik dengan ketuntasan mencapai 100% atau sebanyak 16 orang siswa yang mendapat nilai KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:01
Last Modified: 07 Nov 2016 10:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8883

Actions (login required)

View Item View Item