Helima Susanti (2013) PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SAINS PADA MATERI PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS V MI DARUL IHSAN DURI. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_20131097PGMI.pdf Download (369kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pengamatan dalam pembelajaran di sekolah selama ini diketahui hasil evaluasi selama mengajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V MI Darul Ihsan Duri, Hal ini terlihat dari 27 siswa hampir 63% siswa atau 17 siswa belum mendapatkan ketuntasan dalam belajar. Nilai KKM yang ditetapkan sekolah yakni 65. Upaya guru yang pernah dilakukan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar adalah memberikan remedial dan ulangan tambahan. Akan tetapi hasilnya tidak jauh berbeda dari yang didapatkan, artinya belum memuaskan. Mengingat pentingnya hasil belajar, maka guru perlu berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melakukan beberapa usaha perbaikan dalam proses pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menerapkan metode kerja kelompok dengan media gambar seri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode kerja kelompok dengan media gambar seri dalam meningkatkan hasil belajar Sains pada Materi Pencernaan Makanan pada Manusia di Kelas V MI Darul Ihsan Duri Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Ihsan Duri tahun ajaran 2011 / 2012. Jumlah siswanya yang dijadikan subjek 27 siswa. Sedangkan objeknya adalah guru dalam pelaksanaan metode kerja kelompok dengan media gambar seri. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan aktivitas siswa pada siklus 1, 2 dan siklus selanjutnya. Adapun setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di jelaskan pada bab IV, maka dapat diambil kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan metode kerja kelompok dengan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sains materi pencernaan makanan pada manusia di kelas V MI Darul Ihsan Duri, untuk lebih jelasnya sebagai berikut: aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 92% dengan kategori “baik sekali” meningkat pada pertemuan 2 menjadi 100% dengan kategori ‘baik sekali” dan siklus II pertemuan 1 sebesar 100% dengan kategori “Baik sekali” meningkat pada pertemuan 2 menjadi 100% dengan kategori “Baik sekali”. Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 74% dengan kategori “baik” pada pertemuan 2 menjadi 78% dengan kategori juga ‘baik’ dan siklus II pertemuan 1 sebesar 81% dengan kategori “baik”, meningkat pada pertemuan 2 dengan persentase sebesar 86% dengan kategori “baik sekali”. Hasi belajar siswa siklus I sebesar 66,85 dengan kategori “cukup” dan siklus II sebesar 72,59 dengan kategori “baik”. Kata kunci: Metode kerja kelompok, media gambar seri, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 09:30 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 09:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8865 |
Actions (login required)
View Item |