Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI STRATEGI POHON CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 179 PEKANBARU

Paryanti (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI STRATEGI POHON CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 179 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131030PGMI.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak cerita pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesi. Gejala yang terlihat dari 30 orang siswa hanya 53% siswa atau 16 orang yang dapat menyimak dengan baik, sedangkan sisanya belum dapat menyimak dengan baik, sulitnya siswa menyebutkan tokoh dalam cerita pendek, hal ini terlihat jika siswa diminta untuk menyimak, siswa tidak mampu menyebutkannya kembali, dan sulitnya siswa menceritakan kembali dengan kalimat sederhana, hal ini terlihat jika siswa diminta untuk menceritakan kembali cerita yang disimak, siswa tidak mampu menceritakannya dengan baik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pohon cerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 179 Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pohon cerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 179 Pekanbaru. Pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 60,0% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 60,6% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I ke kemampuan menyimak cerita pendek tergolong “Mampu”, karena 73,3% berada pada rentang 70%-79%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan menyimak cerita pendek meningkat menjadi 84.4% dengan ketegori “Sangat Mampu”, karena sebagian siswa berada pada rentang 80%-100%. Artinya kemampuan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 179 Pekanbaru dalam menyimak cerita pendek telah mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:14
Last Modified: 06 Nov 2016 14:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8843

Actions (login required)

View Item View Item