Siti Rofiah (2013) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DRILLDI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013457PGMI.pdf Download (625kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Metode Drilldalam meningkatkan minat belajar menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu minat belajar menulis siswa variabel X, dan penggunaan metode Latihan Siap (Drill) variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli 2011 - Januari 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini didasari pada minat menulis siswa yang masih rendah. Hal ini terlihat dari gejala-gejala seperti Saat proses belajar mengajar, hanya sebahagian kecil siswa yang ikut berpartisipasi aktif, hal ini terlihat dari kurangnya siswa mengajukan pertanyaan atau pendapat pada gurunya.Kebanyakan peserta didik mengantuk dan tidak bergairah ketika guru menyampaikan materi pendidikan Bahasa Indonesia di kelas,Adanya sebagian peserta didik yang merasa acuh tak acuh dalam mengikuti pelajaran bahasa indonesia.Jika diberikan tugas di rumah maupun di sekolah hanya sebagian saja yang selesai. Siswa tidak melengkapi LKS sebagai penunjang dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dari fenomena-fenomena atau gejala-gejala tersebut di atas, terlihat bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru khususnya pada bidang studi Bahasa Indonesia, kurang menarik perhatian siswa dan terkesan membosankan. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa aktivitas siswa dalam belajar bahasa Indonesia cendrung rendah. Kondisi ini membuat peneliti ingin meningkatkan minat menulis siswa dengan metode Latihan Siap (Drill). Metode ini merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan minat menulis siswa. Hasil observasi sebelum diterapkan metode Latihan Siap (Drill)tergolong sangat rendah yaitu 46% kategori rendah. Setelah diterapkan metode Latihan Siap (Drill)pada siklus I pertemuan pertama turun 1% atau 45% kategori rendah, dan siklus I pertemuan kedua 62% atau kategori aktif. Pada siklus II pertemuan ketiga 81% atau kategori sangat aktif dan pada siklus II pertemuan keempat 91% atau kategori sangat aktif. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia melalui metode Latihan Siap (Drill) pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pulau Kijang Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilirdapat dikatakan berhasil sepenuhnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 14:13 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 14:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8842 |
Actions (login required)
View Item |