Darmilis (2013) PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN SISWA KELAS IV SD TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATUBELAH KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_20131029PGMI.pdf Download (340kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi Pemerintahan Desa dan Kecamatan murid Kelas IV SD Tarbiyah Islamiyah 030 Batubelah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Memperhatikan hasil refleksi awal pada murid Kelas IV SD Tarbiyah Islamiyah 030 Batubelah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, yaitu rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan murid pada materi Pemerintahan Desa dan Kecamatan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan Strategi Pembelajaran learning starts with question. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari tekhnik pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas murid selama proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan Strategi Pembelajaran learning starts with question. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn murid dilakukan tes pada bagian akhir proses pembelajaran setiap satu siklus dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi Pemerintahan Desa dan Kecamatan dengan ketuntasan kelas mencapai 65%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat ketuntasan kelas mencapai 75%. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Melalui penerapan strategi Pembelajaran learning starts with question dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) murid kelas IV SD Tarbiyah Islamiyah 030 Batubelah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat di ”terima” artinya jika diterapkan strategi Pembelajaran learning starts with question dalam pembelajaran PKn secara benar oleh guru murid yang aktif akan menjadi lebih aktif seiring dengan itu hasil belajar PKn murid meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 14:13 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 14:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8841 |
Actions (login required)
View Item |