Nurida (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF RANGKUMAN PESERTA DI KELAS V MI DARUSSALAM KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013979PGMI.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V MI Darussalam Kualu Nenas Kecamatan Tambang melalui strategi pembelajaran aktif rangkuman peserta, dari studi pendahuluan ditemuan fenomena dianantaranya: Dari 24 orang siswa, kurang lebih 71% siswa belum mendapatkan hasil belajar sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimal) yaitu 70. Ketika guru melakukan tanya jawab sekitar 80% dari 24 siswa tidak bisa menjawab dan tidak ada yang bertanya. Sekitar 55% dari jumlah siswa tidak dapat menyelesaikan latihan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MI Darussalam Kualu Nenas Kecamatan Tambang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran aktif rangkuman peserta dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif terhadap hasil belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata kelas 58 berada pada interval 50-59 dengan kategori kurang pada ketuntasan klasikal 25%. Sedangkan pada setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif rangkuman peserta pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi sedikit peningkatan dengan rata-rata 68 berada pada interval 60-69 dengan kategori cukup pada ketuntasan klasikal 58%. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 79 berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 100%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 13:54 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 13:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8819 |
Actions (login required)
View Item |