Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PLUS ATAU MINUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 019 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Nurvaria Santi (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PLUS ATAU MINUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 019 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013922PGMI.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 019 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe plus atau minus dalam meningkatkan hasil belajar Sains pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 019 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe plus atau minus dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe plus atau minus dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 019 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 56,67% atau 17 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 22 orang atau ketuntasan hanya mencapai 73,33%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 28 orang siswa atau dengan persentase 93,33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:39
Last Modified: 06 Nov 2016 13:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8803

Actions (login required)

View Item View Item