Nella Yuana (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI KENAMPAKANALAM MELALUI STRATEGI OUTBOND KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013402PGMI.pdf Download (478kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)."Bagaimana penerapan strategi outbond dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kenampakan alam siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Kecamatan Senapelan Pekanbaru?". Dimana penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di lapangan, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengatahuan Sosial siswa dan menyamaratakan kemampuan siswa di lapangan dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di lapangan secara lebih profesional. Hasil wawancara peneliti dengan guru bidang studi bahwa hasil belajar siswa rendah dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut : Masih ada sebagian besar siswa yang tidak dapat menyelesaikan tugas dengan baik, Masih ada sebagian siswa yang keluar masuk ketika guru menerangkan pelajaran, Siswa tidak mampu menyelesaikan latihan setelah materi pokok dijelaskan disebabkan strategi yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga berdampak pada perolehan hasil belajar, Jika diberikan soal dalam bentuk pengembangan, analisis. Penalaran konsep dan komunikasi pada umumnya siswa mengalami kesulitan menyelesaikannya, Masih banyak siswa menunggu jawaban dari guru dalam mengerjakan soal latihan, Sebagian besar hasil belajar yang diperoleh siswa masih dibawah KKM. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Kecamatan Senapelan Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan dalam penlitian ini adalah observasi (melihat secara langsung strategi yang digunakan guru), dokumentasi (mengetahui sejarah sekolah,keadaan guru dan siswa serta sarana dan prasarana) dan tes (mengetahui kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran) Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan rata-ratanya 55,13 % dan KKM 40,54 %. Sedangkanpadapertemuansetelahtindakan rata-ratanya 67,54 % dan KKM 62 % padasiklus I. Padasiklus II rata-ratanya 80,35 % dan KKM 97 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 13:32 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 13:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8797 |
Actions (login required)
View Item |