Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS V MI AL JABAR BENGKONG KOTA BATAM

A. Riaudin (2013) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS V MI AL JABAR BENGKONG KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013398PGMI.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Guru mengemban tugas sebagai orang yang mentranformasikan ilmu pengetahuan, sangat dituntut secara profesional dengan kemapuan manajerialnya dalam mengelola kelas agar suasana pembelajaran berjalan aktif, produktif serta melalui strategi dan metode mengajar yang direncanakan, sehingga target pembelajarannya atau output yang dihasilkan maksimal dan sesuai dengan yang apa yang diharap-harapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Koperatif dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan objeknya adalah penerapan Model Pembelajaran Koperatif pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan di dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi aktivitas guru dan siswa, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang telah dilakukan selama tiga siklus maka akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa Model Pembelajaran Koperatif dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Jabar Bengkong Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:28
Last Modified: 06 Nov 2016 13:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8793

Actions (login required)

View Item View Item