Syahril (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PERKALIAN DENGAN MEDIA KEJAR (KALKULATOR EKONOMIS JARI TANGAN) PADA SISWA KELAS III MI ALJABAR BENGKONG BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013396PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan perkalian dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Media KEJAR (kalkulator ekonomis jari tangan) pada siswa kelas III MI Aljabar Bengkong Batam. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas III MI Aljabar Bengkong Batam. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III yang berjumlah 23 orang, objek dalam penelitian ini adalah penerapan Media KEJAR (kalkulator ekonomis jari tangan) dalam pembelajaran matematika yaitu perkalian. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung dalam penerapan Media KEJAR (kalkulator ekonomis jari tangan) dan tehnik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa masih mendapatkan nilai rata-rata mencapai 51,74 dan siswa yang mencapai ketuntasan kelas sebanyak 13 orang siswa (53%) setelah siklus kedua maka peningkatan nilai ratarata 60,87 siswa yang mencapai ketuntasan kelas mencapai 19 orang (83%). Dari data ini menunjukkan bahwa apabila penerapan Media KEJAR (kalkulator ekonomis jari tangan) dalam proses pembelajaran matematika secara benar dapat meningkatkan motivasi siswa kelas III MI Aljabar Bengkong Batam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 13:24 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 13:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8789 |
Actions (login required)
View Item |