Bayu Sugara (2013) PENERAPAN TEKNIK LINEUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 005 LIPATKAIN KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013889PGMI.pdf Download (511kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Permasalahan yang peneliti kaji dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah penerapan teknik lineup untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VA SDN 005 Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik lineup dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VA SDN 005 Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN 005 Lipatkain. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan teknik lineup untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I dilakukan dalam 2 pertemuan dan siklus II dilakukan dalam 1 pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik analisis data untuk aktivitas guru dan siswa diperoleh dari pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dengan melihat kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan tindakan dengan menggunakan rumus persentase, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil ulangan pada setiap siklus setelah pelaksanaan tindakan dengan menggunakan rumus hasil belajar individu dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebelum tindakan ketuntasan klasikal siswa 42,31% dengan rata-rata 55,38. Setelah dilaksanakan tindakan, pada siklus I hasil ulangan siswa mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 65,38% dengan rata-rata hasil belajar siswa 70,38. Pada siklus II hasil ulangan siswa juga mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus II sebesar 92,30% dengan rata-rata hasil belajar siswa 78,46. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui teknik lineup dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VA SDN 005 Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 13:24 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 13:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8788 |
Actions (login required)
View Item |