Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR DRAMA PENDEK MELALUI METODE DRAMATISASI KREATIF PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 008 SILAM KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

Resti Efriani (2013) MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR DRAMA PENDEK MELALUI METODE DRAMATISASI KREATIF PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 008 SILAM KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013386PGMI.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreatifitas belajar drama pendek siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat ketika melakukan akting drama, terlihat hanya 8 orang siswa dari 14 orang atau 57,1% yang melakukannya dengan benar, dan hanya 7 orang siswa dari 14 orang atau 50% yang dapat menampilkan gaya sesuai alur cerita, sedangkan sisanya belum dapat melakukannya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kreatifitas belajar drama pendek dapat ditingkatkan melalui metode dramatisasi kreatif pada pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 008 Silam Kecamatan Bangkinang Barat. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode dramatisasi kreatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan kreatifitas belajar drama pendek siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan tergolong “Cukup Kreatif”, dengan rata-rata persentase 56,0%. Sedangkan pada siklus pertama (pertemuan 1, dan 2) tergolong “Kreatif”, dengan persentase 69% berada pada rentang 61%-80%. Walupun pada siklus I kreatifas belajar drama pendek siswa telah tergolong kreatif. Artinya kreatifitas belajar drama pendek siswa belum mencapai 75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,3% atau kreatifitas belajar drama pendek siswa tergolong “Sangat Kreatif” karena 83,3% berada pada rentang 81-100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode dramatisasi kreatif, maka akan dapat meningkatkan kreatifitas belajar drama pendek pada pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 008 Silam Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:18
Last Modified: 06 Nov 2016 13:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8783

Actions (login required)

View Item View Item