Ramadhani A. Kartini (2011) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI DALAM BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011846.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variable, yaitu Konsep Diri (variable bebas/independen atau variable X) dan Motivasi dalam Belajar Siswa (variable dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara Konsep Diri dengan Motivasi dalam belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII di SMPN I Siak Hulu Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN I Siak Hulu Kabupaten Kampar. sedangkan objeknya adalah hubungan konsep diri dengan motivasi dalam belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 342 orang siswa, karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 10% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 77 orang siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa terdapat hubungan yang signifikan dari konsep diri dengan motivasi dalam belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII di SMPN I Siak Hulu Kabupaten Kampar, dengan mengetahui bahwa rch = 0.300 jauh lebih besar dari pada “r” table pada taraf 5% dan pada taraf 1% 0.232< 0.300 >0.302
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 03:27 |
Last Modified: | 14 Jan 2016 03:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/878 |
Actions (login required)
View Item |