Leni Astuti (2013) PENERAPAN STRATEGI BISNIS BERISIKO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU DAN SUDUT JAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 002 RANSANG KECAMATAN PELALAWAN KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013375PGMI.pdf Download (524kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan strategi bisnis berisiko yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 002 Ransang Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan strategi bisnis berisiko dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 002 Ransang Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan pada materi pengukuran waktu dan sudut jam?”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research), penelitian ini dirancang dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 002 Ransang Kecamatan Pelalawan. Sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan strategi bisnis berisiko untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 002 Ransang Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan strategi bisnis berisiko kelas V SD Negeri 002 Ransang. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebelum diterapkan strategi bisnis beresiko nilai rata-ratanya adalah 52.50, rata-rata setelah diterapkan strategi bisnis beresiko adalah 63.50 pada siklus I dan 74 pada siklus II. Untuk ketuntasan hasil belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan. Sebelum diterapkan strategi bisnis beresiko ketuntasan klasikal adalah 45%, setelah diterapkan strategi bisnis beresiko pada siklus I ketuntasan klasikalnya adalah 75% (belum mencapai ketuntasan klasikal). Kategori ketuntasan klasikalnya adalah 85%. Pada siklus II mengalami peningkatan, ketuntasan klasikalnya adalah 85%, penelitian ini dihentikan pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 13:05 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 13:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8775 |
Actions (login required)
View Item |