Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN POS PEMERIKSAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IVB SEKOLAH DASAR NEGERI 021 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Asmawati (2013) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN POS PEMERIKSAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IVB SEKOLAH DASAR NEGERI 021 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013883PGMI.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 021 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik pembelajaran pos pemeriksaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 021 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 021 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah teknik pembelajaran pos pemeriksaan dan hasil belajar siswa kelas IV. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penerapan teknik pembelajaran pos pemeriksaan dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 43,75% atau 14 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 22 orang atau ketuntasan hanya mencapai 68,75%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 28 orang siswa atau dengan persentase 87,50%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan teknik pembelajaran pos pemeriksaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 021 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Teknik Pembelajaran Pos Pemeriksaan, Hasil Belajar, Sains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 13:02
Last Modified: 06 Nov 2016 13:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8772

Actions (login required)

View Item View Item