Abdullah (2013) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR SEKALIGUS BERTINDAK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 009 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013815PGMI.pdf Download (499kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V SD Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar melalui strategi belajar sekaligus bertindak. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar tahun ajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, laki-laki berjumlah 14 orang dan perempuan berjumlah 11 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi belajar sekaligus bertindak pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dirancang melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, pemberian tes, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase untuk mengolah data yang terkumpul melalui kegiatan observasi, dan Teknik analisis data untuk hasil belajar menggunakan rumus hasil belajar individu dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa secara klasikal sebelum tindakan yaitu 44% dan rata-rata kelas mencapai 53,2 dengan kategori “rendah”. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan dimana ketuntasan klasikal sebesar 69,5 dan rata-rata mencapai 62,61 dengan kategori “cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat dimana ketuntasan klasikal sebesar 86,96% dan rata-rata mencapai 76,09 dengan kategori “tinggi”. Hal ini menunjukkan bahawa dengan menerapkan strategi belajar sekaligus bertindak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 12:46 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 12:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8750 |
Actions (login required)
View Item |