Ratna Murni (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE LATIHAN MURID MIS NUR-IKHLAS PERAWANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013340PGMI.pdf Download (560kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nur Ikhlas Kecamatan Tualang Kabupaten Siak setelah diterapkan Metode Latihan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana cara menerapkan metode latihan dalam meningkatkan hasil belajar matematika murid MIS Nur-Ikhlas Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak pada pokok Bahasan Penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 ?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Nur Ikhlas Tualang yang berjumlah 26 orang dan objek dalam penelitian ini adalah metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi belajar matematika, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil persiklus dalam proses pembelajaran tanpa tindakan dan melalui metode latihan. Berdasarkan hasil penelitian, indikator keberhasilan 70%, rata-rata pada pertemuan tanpa tindakan adalah 53,0 % , siklus I adalah 62,4 % ,siklus II adalah 67,9% dan siklus III adalah 83,1 %. Dari data tersebut terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah Nur-Ikhlas Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak melalui metode latihan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 12:38 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 12:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8742 |
Actions (login required)
View Item |