Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI SILENT DEMONSTRATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 019 LUBUK AGUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Neli Marzani (2013) PENERAPAN STRATEGI SILENT DEMONSTRATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 019 LUBUK AGUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013723PGMI.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Gejala-gejala atau fenomena yang ditemui adalah sebagai berikut: 1) dari 20 orang siswa, terdapat 11 orang atau 55 belum mencapai nilai di atas KKM yang telah ditetapkan, 2) siswa kesulitan untuk menjawab soal ulangan, hal ini terlihat ketika dilakukan ulangan hanya 9 orang atau 45 yang dapat menjawab soal dengan benar, 3) dari 20 orang siswa, terdapat 12 orang siswa atau 60 tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru, baik pekerjaan di kelas maupun pekerjaan rumah, dan 3) siswa yang remedial setelah ujian mencapai 11 orang atau 55 dari jumlah siswa 20 orang. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru adalah dengan penerapan strategi Silent Demonstration. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi Silent Demonstration yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran penerapan strategi Silent Demonstration yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Silent Demonstration dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilalui beberapa tahap, yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui hasil pengamatan aktivitas guru dan hasil pengamatan aktivitas siswa, dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik observasi dan teknik tes. Sedangkan data dianalisis dengan rumus persentase, yaitu : P 100% N F  x . Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV lebih meningkat setelah diterapkan strategi Silent Demonstration dibandingkan sebelum penerapan. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa secara individu hanya mencapai 11 orang dengan ketuntasan klasikal 55,00, pada siklus I ketuntasan siswa secara individu meningkat menjadi 14 orang dengan ketuntasan klasikal 70,00, namun belum mencapai 75. Siklus II ketuntasan individu siswa meningkat lagi menjadi 19 orang siswa, sehinga ketuntasan klasikal siswa mencapai 95,00. Ini berarti telah mencapai 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:20
Last Modified: 06 Nov 2016 12:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item