Ahmadi (2013) PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUNGAI UNGAR KECAMATAN KUNDUR KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013691PGMI.pdf Download (508kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Berdasarkan hasil pengamatan di Berdasarkan hasil pengamatan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Ungar Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun, penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemuinya beberapa gejala-gejala atau fenomena-fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajar IPA. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu dalam proses pembelajaran siswa cenderung banyak diam, hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru, jarang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan setelah guru membaca materi pelajaran. Oleh sebab itu peneliti menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan tujuan agar hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Ungar Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun dapat meningkat serta keaktifan siswa menjadi optimal. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Ungar Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Sedang rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah penerapan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Ungar Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun? Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dimana sebelum diterapkan pendekatan CTL (Contectual Teaching and Learning), hasil belajar siswa dengan persentase 55% siswa yang tuntas. Namun setelah diterapkannya pendekatan CTL tersebut, persentase siswa yang tuntas menjadi meningkat sebesar 65%. Pada siklus II, hasil persentase tersebut menjadi 90% dengan demikian penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Ungar Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 11:59 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 11:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8715 |
Actions (login required)
View Item |