Handra Yani (2013) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 25 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201376PAI.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi sosial guru salah satu daya atau kemampuan guru untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang baik serta kemampuan untuk mendidik, membimbing masyarakat dalam menghadapi kehidupan di masa yang akan dating. Sedangkan prestasi belajar siswa adalah hasil belajar yang dicapai siswa ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran di sekolah yang dinilai dari aspek kognitifnya. Prestasi belajar siswa dibuktikan dan ditunjukkan melalui nilai dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru terhadap tugas siswa dan ulangan-ulangan atau ujian yang ditempuhnya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa fenomena seperti a) Adanya sebagian siswa yang kurang semangatnya dalam belajar, hal ini terlihat saat proses pembelajaran di kelas, siswa cenderung diam mendengarkan guru menjelaskan materi pelajaran di kelas, b) Adanya sebagian siswa yang kurang memahami perkataan guru, hal ini terlihat dari pertanyaan yang dilontarkan siswa saat pembelajaran, dan c) Sebagian siswa masih kurang termotivasi untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru. Sehingga masih banyak siswa yang memperoleh nilai dengan kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 25 Kota Pekanbaru. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 3 (tiga) teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam mengolah data kualitatif, penulis menggunakan teknik analisis Korelasi Product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Berdasarkan persentase yang dicapai dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar siswa SMPN 25 Kota Pekanbaru tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori cukup tinggi yaitu 0,511 dan memiliki korelasi positif yang signifikan terbukti rhitung > rtabel atau 0,511 > 0,344. Sedangkan koefisien determinasi (r square) adalah 0,261 kontribusi tingkat kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar adalah sebesar 26.1%, sedangkan selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 06:59 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 06:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8665 |
Actions (login required)
View Item |