Ida Roswita (2013) PENERAPAN STRATEGI WAKTU BERTANYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN INDONESIA SISWA KELAS V SDN 001 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013262PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dari 31 siswa hampir 63% siswa atau 20 siswa belum mendapatkan ketuntasan dalam belajar. Nilai KKM yang ditetapkan sekolah yakni 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi menjaga keutuhan Indonesia dengan melalui penerapan Strategi Waktu Bertanya Siswa Kelas V SDN 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 001 Teratak, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar dengan siswa sebanyak 31 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran waktu bertanya. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa strategi waktu bertanya dapat meningkat hasil belajar PKn pada Siswa Kelas V SDN 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 60.65 dengan kategori cukup, kemudian pada siklus I mendapatkan rata-rata 72.26 juga dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 80 dengan ketegori baik dengan ketuntasan mencapai 87% atau sebanyak 27 orang siswa yang mendapat nilai KKM. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 43% dengan kategori cukup, pada pertemuan 2 sebesar 57% dengan kategori “cukup” dan siklus II pertemuan 1 sebesar 71% dengan kategori baik dan pertemuan 2 sebesar 86% dengan kategori “Baik sekali” berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 50% dengan kategori “cukup”, pada pertemuan 2 sebesar 69% dengan kategori “cukup”, siklus II pertemuan 1 sebesar 82% dengan kategori “Baik’ dan pada pertemuan 2 sebesar 88% dengan kategori “Baik sekali”. Kata kunci: Strategi Waktu Bertanya, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 06:39 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 06:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8631 |
Actions (login required)
View Item |