Emelia Elfiana (2013) KOMITMEN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENYAMPAIKAN MATERI PEMBELAJARAN BERDASARKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-IMRAN NURUL YAQIN KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201317PAI.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Komitmen Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menyampaikan Materi Pembelajaran Berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di MTs Al-Imran Nurul Yaqin Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir” Komitmen merupakan suatu perjanjian atau keterikatan untuk melakukan sesuatu, Seorang guru harus mempunyai komitmen dalam proses pembelajaran. Yang dimaksud komitmen disini adalah kesesuaian antara materi yang disampaikan guru dengan rencana pembelajaran yang telah disiapkan sebelumnya. Jadi, apabila seorang guru mempunyai komitmen yang baik dalam proses pembelajaran maka materi yang disampaikan akan dapat dipahami peserta didik dengan baik pula. Tetaapi apabila seorang guru tidak memiliki komitmen didalam proses pembelajaran maka materi yang akan disampaikan tidak dapat dipahami peserta didik dengan baik. Oleh karena itu seorang guru haruslah memiliki komitmen yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanaKomitmen Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menyampaikan Materi Pembelajaran Berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di MTs Al-Imran Nurul Yaqin Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Setelah penulis memperoleh data dari lapangan dengan alat pengumpulan data melalui observasi , wawancara dan dokumentasi, kemudian penulis menganalisanya. Adapun teknis analisa data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan persentase. Rumusnya ialah :p = 100% Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa Komitmen Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menyampaikan Materi Pembelajaran Berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di MTs Al-Imran Nurul Yaqin Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir tergolongcukup baik karena secara kualitatif persentase diperoleh skor 56,1%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 31 Oct 2016 03:17 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 03:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8607 |
Actions (login required)
View Item |