Fitriah Amali (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201302PAI.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada Mata Pelajaran PAI Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar yang berjumlah 25 orang siswa terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Data penelitian ini berupa nilai tes hasil belajar siswa sebelum tindakan, dan hasil belajar siswa setelah tindakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pokok bahasan Mengenal Rasul-Rasul Allah SWT. Setelah data diperoleh dan dianalis maka dapat diketahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan pokok bahasan Mengenal Rasul-Rasul Allah SWT pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: (1) Hasil Belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata 54,80 dan ketuntasan klasikal 40%, (2) Hasil Belajar siswa siklus I sesudah tindakan dengan rata-rata 73,60 dan ketuntasan klasikal 68%, dan (3) Hasil Belajar siswa siklus II sesudah tindakan dengan rata-rata 85,60 dan ketuntasan klasikal 96%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 31 Oct 2016 03:03 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 03:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8598 |
Actions (login required)
View Item |