Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGARTIKAN SURAH AL-FATIHAH MELALUI STRATEGI INDEXS CARD MATCH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 008 SEKIJANG KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN

Julismiati (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGARTIKAN SURAH AL-FATIHAH MELALUI STRATEGI INDEXS CARD MATCH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 008 SEKIJANG KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012949.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Agama Islam khususnya dalam mengartikan surah Al-Fatihah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 008 Sekijang Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah murid sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengartikan surah Al-Fatihah dengan strategi Index Card Match murid kelas IV SD Negeri 008 Sekijang Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan. Adapun waktu penilitian ini bulan September sampai dengan November bulan 2011. Mata pelajaran yang diteliti adalah Pendidikan Agama Islam. Agar penelitian tindakan ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, Maka peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu (1) perencanaan/persiapan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan,(3) observasi,(4) tes dan refleksi. Dari hasil penerapan strategi Index Card Match pada mata pelajaran Agama Islam diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam mengartikan surah Al-Fatihah dari sebelum tindakan,siklus I,siklus II,dan siklus III. Pada data awal siklus pertama menjadi 68,9% dan 78% pada siklus kedua. Peningkatan terus terlihat pada siklus ketiga yaitu menjadi 88,2%. Keadaan ini menunjukkan bahwa penelitian pembelajaran pada mata pelajaran Agama Islam dengan penerapan strategi Index Card Match dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 08:58
Last Modified: 28 Oct 2016 08:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8589

Actions (login required)

View Item View Item