Maryati (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MEYAKINI ADANYA HARI AKHIR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PARTISIPATIF DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 009 BUKIT LEMBAH SUBUR KECAMATAN KERUMUTAN KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012897.pdf Download (440kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model partisipatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam meyakini adanya hari akhir pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI SDN 009 Bukit Lembah Subur Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model partisipatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi meyakini adanya hari akhir Kelas VI SDN 009 Bukit Lembah Subur Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 009 Bukit Lembah Subur Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 22 orang, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran partisipatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 009 Bukit Lembah Subur Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pokok bahasan meyakini adanya hari akhir. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Dalam menggunakan observasi cara yang paling efektif adalah melengkapinya dengan lembar pengamatan sebagai instrumen. Dokumentasi merupakan teknik yang digunakan peneliti untuk mengetahui tentang keadaan umum lokasi penelitian, keadaan guru, keadaan siswa, dan sarana-prasarana. Setelah data diperoleh dan dianalis maka dapat diketahui motivasi belajar siswa dalam meyakini adanya hari akhir pada mata pelalajaran Pendidikan Agama Islam dengan model pembelajaran partisipatif pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 009 Bukit Lembah Subur Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: (1) Sebelum dilakukan tindakan motivasi belajar siswa yaitu 40%, maka motivasi belajar siswa berada antara 40% - 55% hal ini dikategorikan kurang tinggi, (2) Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama motivasi belajar siswa yaitu 60%, maka motivasi belajar siswa berada antara 56% - 75, hal ini dikategorikan cukup tinggi, (3) Siklus kedua motivasi belajar siswa yaitu 76%, maka motivasi belajar siswa berada antara 56% - 75%, hal ini dikategorikan cukup tinggi dan, (4) Siklus ketiga motivasi belajar siswa yaitu 98%, maka motivasi belajar siswa berada antara 76% - 100% hal ini dikategorikan tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 07:26 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 07:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8572 |
Actions (login required)
View Item |