Beta Hartati (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MATERI SHALAT DENGAN TERTIB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS III.D SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012896.pdf Download (492kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh, yaitu: (1) Kurangnya penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran shalat yang diajarkan, (2) Kurangnya pemahaman siswa tentang materi sholat yang diajarkan, (3) Rendahnya nilai praktek shalat yang dilakukan siswa, (4) Sedikitnya di antara siswa yang mampu menghubungkan antara materi dengan praktek pada pembelajaran shalat, dan (5) Sangat sedikit di antara siswa yang mampu mempraktekkan materi shalat yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran shalat pada siswa kelas III.D Sekolah Dasar Negeri 017 Tampan Pekanbaru Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III.D Sekolah Dasar Negeri 017 Tampan yang berjumlah 41 orang siswa terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 26 orang siswa perempuan. Sementara objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan hasil belajar tentang materi shalat siswa kelas III.D Sekolah Dasar Negeri 017 Tampan. Data dalam penelitian ini meliputi aktivitas guru dalam melakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran langsung, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sholat, dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari praktek siswa pada pokok bahasan sholat secara kelompok dan guru memberi penilaian pada praktek yang dilakukan siswa secara individu. Dari penelitian yang telah dilaksanakan pada siswa Kelas III.D Sekolah Dasar Negeri 017 Tampan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tentang sholat meningkat, dengan rincian sebagai berikut: (1) Sebelum tindakan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 62,93 dan ketuntasan klasikal 59%, (2) Setelah tindakan pada siklus pertama nilai rata rata hasil belajar siswa yaitu 71,46 dan ketuntasan klasikal 68%, (3) Pada siklus kedua nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 81,71 dan ketuntasan klasikal 85%, dan (4) Pada siklus ketiga nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 87.07 dan ketuntasan klasikal 95%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 07:25 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 07:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8571 |
Actions (login required)
View Item |