Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENYEBUTKAN ASMAUL HUSNA BESERTA ARTINYA DENGAN STRATEGI CARD SORT PADA KELAS II SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 010 AIRTIRIS

Hasnita (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENYEBUTKAN ASMAUL HUSNA BESERTA ARTINYA DENGAN STRATEGI CARD SORT PADA KELAS II SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 010 AIRTIRIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012891.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan belajar siswa dalam menyebutkan asmaul husna beserta artinya dengan strategi card sort pada kelas II Sekolah dasar Muhammadiyah 010 Airtiris. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah kemampuan belajar siswa dalam menyebutkan asmaul husna beserta artinya dapat meningkat dengan menggunakan strategi card sort pada kelas II Sekolah dasar Muhammadiyah 010 Airtiris. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II tahun pelajaran 2011- 2012 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam menyebutkan asmaul husna beserta artinya dengan strategi Card Sort. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan strategi Card Sort pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui adanya peningkatan kemampuan belajar siswa dalam menyebutkan asmaul husna beserta artinya dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada sebelum tindakan kemampuan belajar siswa dalam menyebutkan Asmaul Husna beserta artinya hanya mencapai rata-rata persentase 53,0%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata kemampuan siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 60,0% atau kemampuan siswa kelas tergolong “Cukup Baik” karena 60,0% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 70,0% atau kemampuan siswa kelas tergolong “Cukup Baik” karena 60,0% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 84,0% atau kemampuan siswa telah tergolong “Baik” karena 84,0% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi card sort dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam menyebutkan asmaul husna beserta artinya pada kelas II Sekolah dasar Muhammadiyah 010 Airtiris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 07:21
Last Modified: 28 Oct 2016 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8570

Actions (login required)

View Item View Item