Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI SMP DAN MTs DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SUNGAI PAKNING KECAMATAN BUKIT BATU KABUPATEN BENGKALIS

Mailindawati (2012) STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI SMP DAN MTs DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SUNGAI PAKNING KECAMATAN BUKIT BATU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012783.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Teknik penelitian yang digunakan oleh penulis dalam mengumpulkan data tentang Studi Perbandingan Latar Belakang Pendidikan Siswa yang berasal dari SMP dan MTs Dengan Prestasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Sungai Pakning Kec. Bukit Batu Kab. Bengkalis adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Adapun Hasil penelitian hasil akhir yang diperoleh penulis adalah diketahui Prestasi belajar siswa di SMAN 1 sungai Pakning Kec. Bukit Batu Kab. Bengkalis berdasarkan analisis yang penulis lakukan dapat penulis paparkan bahwa nilai yang terbanyak siswa peroleh adalah berkisar 75-79, yaitu siswa yang berasal dari sekolah menengah pertama memperoleh persentase sebesar 42% (15 orang siswa), sedangkan siswa yang berasal dari Madrasah Tsanawiyah memperoleh persentase sebesar 42% (5 orang siswa). Nilai tes t dengan membandingkan nilai to dengan tt , dengan df = 11 diperoleh angka 2.20 ( taraf signifikan 5% ) atau 3.11 ( taraf signifikan 1% ) dengan to = -0.087 berarti to < tt yaitu -0.087 < 2.20 atau -0.087 < 3.11. Dengan demikian Ha ( Hipotesis Kerja) ditolak dan Ho ( Hipotesis Nihil) diterima. Dengan demikian hipotesis menyatakan Tidak terdapat perbandingan yang signifikan prestasi belajar siswa yang berasal dari SMP dan MTs dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 1 sungai pakning kecamatan bukit batu kabupaten bengkalis, Bahwa siswa yang berasal dari SLTP dan MTs latarbelakangnya tidak mempengaruhi prestasinya dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Adapun faktor yang mempengaruhi prestasi siswa adalah: faktor ekstern (bakat, minat, cara belajar dan intelgensi siswa). Sedangkan faktor intern (lingkungan sekolah dan keluarga yang sangat menunjang proses pembelajaran siswa).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:28
Last Modified: 26 Oct 2016 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8544

Actions (login required)

View Item View Item