Rahmanidar (2012) PENGGUNAAN ALAT PERAGA MODEL MATRIK MATERI PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012775.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan alat peraga model matrik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “ Bagaimana penggunaan alat peraga model matrik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar pada materi perkalian ?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara professional. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah Semester satu tahun ajaran 2012. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian adalah 32 orang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan hasil pengujian, rata-rata pada pertemuan pertama tanpa tindakan adalah 53,12% siklus I adalah 65,62% dan siklus II adalah 75,65%. Dari data tersebut terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui penggunaan alat peraga model matrik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 04:01 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 04:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8542 |
Actions (login required)
View Item |