Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RUMBIO JAYA KECAMATAN RUMBIO JAYA

Romi Afridayanti (2012) HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RUMBIO JAYA KECAMATAN RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012741.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rumbio Jaya Kecamatan Rumbio jaya masih tergolong rendah, sedang hasil belajar rata-rata telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut: Masih ada siswa yang tidak mendengarkan penjelasan guru, masih ada siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, masih ada siswa yang tidak membuat catatan-catatan terhadap hal-hal yang penting, masih ada siswa yang tidak menanggapi pertanyaan guru, masih ada siswa yang tidak menanggapi pertanyaan dari teman-teman, masih ada siswa yang tidak bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dipahami, masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, rata-rata siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yakni 75 untuk mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rumbio Jaya Kecamatan Rumbio Jaya. Untuk memperoleh yaitu dengan angket dan dokumentasi. Dalam mengolah data kualitatif, penulis menggunakan teknik analisa product moment. Berdasarkan persentase yang dicapai dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa aktivitas belajar 0,735% memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa. Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori cukup kuat yaitu 54%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:49
Last Modified: 26 Oct 2016 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8536

Actions (login required)

View Item View Item