MUHAMMAD NAJIH, - (2024) KOMPARASI KEMAMPUAN SANTRI MEMAHAMI FATHUL QARIB MELALUI METODE SOROGAN DENGAN AKSARA ARAB PEGON DAN ARAB GUNDUL DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI'IEN SUMBER MAKMUR KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
TESIS TANPA BAB IV - M NAJIH.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TESIS BAB IV - M NAJIH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui perbedaan kemampuan santri dalam memahami kitab Fathul Qarib Melalui Metode Sorogan Dengan Aksara Arab Pegon Dan Arab Gundul Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Kampar. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif ex post facto. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 30 santri kelas 1 Tsanawiyah. Kedua metode, aksara Arab Pegon dan aksara Arab Gundul, memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman santri terhadap kitab Fathul Qarib. Aksara Arab Pegon memberikan dampak yang sedikit lebih besar dengan p-value = 0,000 ≤ 0,05. Sedangkan aksara Arab Gundul dengan p-value = 0,002 ≤ 0,05. Terdapat perbedaan yang signifikan terkait pembelajaran dengan kedua metode tersbut hal ini dilihat dari perhitingan secara statistik menggunakan uji independen sample t-test dengan data berdistribusi normal dan homogen bahwa nilai p-value (Sig 2-tailed) adalah 0,042, yang lebih kecil dari 0,05, Secara keseluruhan, metode sorogan Arab Pegon lebih mampu memberikan pemahaman santri dibandingkan dengan metode Arab gundul.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2024 08:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Dec 2024 08:02 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84945 |
Actions (login required)
View Item |