Fitri Yafrianti (2012) UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SANTRI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012533.pdf Download (618kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam memotivasi belajar santri pada mata pelajaran fiqih di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang dan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam memotivasi belajar santri. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran fiqih dan objek dalam penelitian ini adalah upaya guru dalam memotivasi belajar santri di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Populasi dari penelitian ini berjumlah 5 orang dan penelitian ini tidak menggunakan sampel karena populasinya kecil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yaitu mengadakan pengamatan langsung pada objek penelitian, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah data deskriptif kualitatif yang menunjukkan bahwa data upaya guru dalam memotivasi belajar santri pada mata pelajaran fiqih dikategorikan “Baik” dengan persentase 64%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam memotivasi belajar santri pada mata pelajaran fiqih di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang terbagi menjadi 2, yakni faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi: latar belakang pendidikan, sarana dan prasarana, dan gaji atau honor. Sedangkan faktor penghambat meliputi: keaktifan dalam mengikuti seminar kependidikan, dan pengalaman mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 06:16 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 06:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8492 |
Actions (login required)
View Item |