Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI KECEMASAN AKADEMIK PADA ANAK DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) PANTI ASUHAN AS-SHOHWAH MERPATI SAKTI PANAM, KOTA PEKANBARU

Windy Anugrah, Windy (2024) EFEKTIVITAS KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI KECEMASAN AKADEMIK PADA ANAK DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) PANTI ASUHAN AS-SHOHWAH MERPATI SAKTI PANAM, KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Dalam Mengatasi Kecemasan Akademik Pada Anak Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (Lksa) Panti Asuhan As-Shohwah Merpati Sakti Panam, Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan penggunaan pendekatan konseling REBT dengan teknik self talk untuk menurunkan tingkat kecemasan akademik pada anak, (2) mengetahui manfaat pentingnya teknik self talk bagi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan penggunaan analisis kuantitatif, dengan menggunakan metode desain penelitian adalah two group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah anak panti asuhan as-shohwah yang menduduki bangku sekolah menengah pertama ( SMP). Sampel terdiri dari 8 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Konseling diterapkan pada kelompok eksperimen dalam 6 sesi pertemuan. Data dikumpulkan melalui pemberian angket pretest dan posttest kepada kedua kelompok. Analisis data menggunakan uji N-Gain mengungkapkan adanya perbandingan yang signifikan pada hasil uji N-Gain dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengalami perubahan berupa penurunan tingkat kecemasan, namun kelompok kontrol tidak mengalami perubahan yang tampak dalam penurunan tingkat kecemasan akademik pada anak di panti. Penerapan konseling berhasil menunjukkan perubahan berupa penurunan tingkat kecemasan akademik pada anak setelah diberikan perlakuan. Hasil ini menegaskan bahwa konseling Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) menunjukan hasil yang efektif Dalam Mengatasi Kecemasan Akademik Pada Anak Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (Lksa) Panti Asuhan As-Shohwah Merpati Sakti Panam, Kota Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorROSMITA, -2029047202-
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Akademik, Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt), Mengatasi Akedemik
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Dec 2024 07:20
Last Modified: 10 Dec 2024 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84792

Actions (login required)

View Item View Item