Windy Anugrah, Windy (2024) EFEKTIVITAS KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI KECEMASAN AKADEMIK PADA ANAK DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) PANTI ASUHAN AS-SHOHWAH MERPATI SAKTI PANAM, KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Dalam Mengatasi Kecemasan Akademik Pada Anak Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (Lksa) Panti Asuhan As-Shohwah Merpati Sakti Panam, Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan penggunaan pendekatan konseling REBT dengan teknik self talk untuk menurunkan tingkat kecemasan akademik pada anak, (2) mengetahui manfaat pentingnya teknik self talk bagi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan penggunaan analisis kuantitatif, dengan menggunakan metode desain penelitian adalah two group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah anak panti asuhan as-shohwah yang menduduki bangku sekolah menengah pertama ( SMP). Sampel terdiri dari 8 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Konseling diterapkan pada kelompok eksperimen dalam 6 sesi pertemuan. Data dikumpulkan melalui pemberian angket pretest dan posttest kepada kedua kelompok. Analisis data menggunakan uji N-Gain mengungkapkan adanya perbandingan yang signifikan pada hasil uji N-Gain dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengalami perubahan berupa penurunan tingkat kecemasan, namun kelompok kontrol tidak mengalami perubahan yang tampak dalam penurunan tingkat kecemasan akademik pada anak di panti. Penerapan konseling berhasil menunjukkan perubahan berupa penurunan tingkat kecemasan akademik pada anak setelah diberikan perlakuan. Hasil ini menegaskan bahwa konseling Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) menunjukan hasil yang efektif Dalam Mengatasi Kecemasan Akademik Pada Anak Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (Lksa) Panti Asuhan As-Shohwah Merpati Sakti Panam, Kota Pekanbaru
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Akademik, Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt), Mengatasi Akedemik | ||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2024 07:20 | ||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2024 07:20 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84792 |
Actions (login required)
View Item |