Fitria Wanti (2012) PENGARUH PRAKTIKUM SHALAT TERHADAP PENGAMALAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012314.pdf Download (552kB) | Preview |
Abstract
Dalam pengajaran di sekolah, kegiatan belajar sangat tergantung pada kegiatan mengajar guru, karena belajar pada hakikatnya adalah membimbing siswa belajar. Seorang pembimbing harus memberikan pembinaan, arahan, dan petunjuk tentang tata cara atau keterampilan dalam melakukan gerakan-gerakan ibadah shalat wajib yang dapat direalisasikan dalam bentuk kegiatan praktikum sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Ibadah shalat adalah berkaitan dengan hubungan perbuatan manusia dengan Sang pencipta yakni Allah SWT, oleh karena itu mempraktikkan ibadah shalat sebaiknya dilakukan sedini mungkin supaya anak terbiasa untuk mengamalkan di kehidupan sehari hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara praktikum shalat terhadap pengamalan shalat Dzuhur berjamaah siswa MTs Hasanah Pekanbaru. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dan setelah dianalisa, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori cukup kuat, yaitu 0,470. Koefisien Determinasi (R Square) adalah 0,221. Kontribusi pratikum shalat terhadap pengamalan shalat Dzuhur berjamaah siswa MTs Hasanah Pekanbaru adalah sebesar 47% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Kesimpulan pengujian Hipotesis adalah hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan antara pratikum shalat terhadap pengamalan shalat Dzuhur berjamaah siswa MTs Hasanah Pekanbaru Ha dapat diterima, dengan sendirinya Ho ditolak ”. Jadi, dengan demikian dapat disimpulkan juga bahwa pengamalan shalat Dzuhur berjamaah siswa selain dipengaruhi oleh praktikum shalat dalam pembelajaran materi tentang shalat akan tetapi ada faktor lain yang turut mempengaruhinya yaitu faktor pengawasan oleh semua guru, faktor kedisiplinan diri yang tinggi serta faktor pengajaran shalat oleh orang tua di rumah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 02:52 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 02:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8471 |
Actions (login required)
View Item |