Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PAPAN MEMORI PADA SISWA KELAS V SDN 004 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Nurasiah (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PAPAN MEMORI PADA SISWA KELAS V SDN 004 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012284.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan Strategi pembelajaran kooperatif dengan Teknik Papan Memori untuk meningkatkankan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi iman kepada kitab-kitab Allah siswa kelas V SDN 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian in adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar yang berjumlah 30 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan Teknik Papan Memori untuk meningkatkan hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan Teknik Papan Memori pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 14 (46,7%), sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 20 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 66,7%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 26 orang siswa atau dengan persentase 86,7%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan Teknik Papan Memori, dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi iman kepada kitab-kitab Allah siswa kelas V SDN 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:45
Last Modified: 24 Oct 2016 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8465

Actions (login required)

View Item View Item