SELVI MAY SEPRIANI, - (2024) IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 023 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI SELVI MAY SEPRIANI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Selvi May Sepriani, (2024) : Implementasi Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SMP Negeri 023 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi supervisi manajerial dalam meningkatkan mutu sekolah di SMP Negeri 023 Pekanbaru, 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi supervisi manajerial dalam meningkatkan mutu sekolah di SMP Negeri 023 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu pengawas sekolah, dan untuk informan pendukungnya disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang dibutuhkan yakni, kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi supervisi manajerial terdiri dari tahap perencanaan, dilakukan identifikasi masalah antara lain, kurangnya kualitas personal, kurang motivasi, alokasi waktu kurang, kurang pembinaan untuk guru dan staf, dan kompleksitas tugas kepala sekolah. Adapun pada tahap pelaksanaan, pengawas sekolah menggunakan beberapa instrumen supervisi manajerial baik secara individu dan kelompok, mengumpulkan data, mendeteksi kelebihan dan kelemahan, dan menilai terkait administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, administrasi pendidikan dan tenaga kependidikan, administrasi sarana dan prasarana, administrasi keuangan. Pada tahap evaluasi, pengawas sekolah melakukan evaluasi kepada semua orang yang terlibat dalam proses pelaksanaan supervisi manajerial. Kemudian hasil evaluasi tersebut dijadikan acuan untuk membuat program baru atau meningkatkan kualitas yang sudah ada, dan disesuaikan corak dan visi misi sekolah. 2) faktor pendukung implementasi supervisi manajerial ini di sekolah Ketersediaan SDM dan sarana prasarana yang memadai, adanya perencanaan atau kebijakan supervisi yang telah ditentukan, kolaborasi dan partisipasi pengawas sekolah, kepala sekolah, para waka, guru dan staf tenaga administrasi lainnya, adanya evaluasi dan pembinaan berkelanjutan. Lalu Faktor Penghambatnya antara lain tidak semua rencana yang awalnya telah disiapkan terlaksana seluruhnya, pencapaian yang belum sesuai dengan target, keterbatasan waktu. Kata Kunci: Implementasi, Supervisi Manajerial, Mutu
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:23 | ||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:23 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84609 |
Actions (login required)
View Item |