MUHAMMAD REYNALDY PUTRA EFENDI, - (2024) PENGARUH PELAYANAN TRANSPORTASI SPEEDBOAT TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PADA PT. KAISAR SINAR SAMUDERA PANGKALAN KERINCI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK M. Reynaldy Putra E (2024): Pengaruh Pelayanan Transportasi Speedboat terhadap Kepuasan Penumpang pada PT Kaisar Sinar Samudera Pangkalan Kerinci Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi di mana perusahaan tersebut merupakan satu-satunya yang ditunjuk untuk mengangkut karyawan PT RAPP ke lokasi penanaman bibit. Posisi monopoli ini memberikan kekuatan besar dalam menguasai layanan transportasi di wilayah tersebut. Tanpa adanya pesaing lain, perusahaan cenderung mengabaikan standar pelayanan yang seharusnya diberikan kepada penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan transportasi speedboat terhadap kepuasan penumpang pada PT. Kaisar Sinar Samudera Pangkalan Kerinci perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data penelitian yaitu data primer, subjek pada penelitian ini adalah para Karyawan pada PT. RAPP di Kabupaten Pangkalan Kerinci. Adapun populasi pada penelitian ini adalah karyawan PT. RAPP yang berjumlah 88 orang dan pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability dengan menggunakan metode purposive sampling sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlahkan 47 orang yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari,observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh signifikan variabel pelayanan terhadap kepuasan penumpang dan uji koefisien determinasi untuk mengukur kontribusi variabel pelayanan terhadap kepuasan penumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan transportasi speedboat terhadap kepuasan penumpang. hasil pengujian telah diketahui nilai hasil uji nilai thitung (4.961) > t tabel (2.01410) Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil pengujian secara parsial (uji t). Jadi dapat di simpulkan bahwa Ha diterima dan HO ditolak. Perspektif ekonomi syariah, pelayanan yang diberikan oleh perusahaan PT. Kaisar Sinar Samudera sudah menerapkan prinsip-prinsip keadilan, kejujuran, dan tanggung jawab untuk memenuhi harapan penumpang. Hal ini dapat diketahui dari aspek berwujud yang sudah tampil rapi,bersih, dan nyaman. Selanjutnya dari aspek keandalan dapat diketahui dari kemampuan karyawan dalam melayani dan mengoperasionalkan speedboat penumpang tanpa membeda-bedakan. Kata Kunci : Pelayanan, Kepuasan Penumpang, dan Transportasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:51 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84430 |
Actions (login required)
View Item |