Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

RIRIN FATMAWATI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIRIN FATMAWATI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ririn Fatmawati, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau dari Self Confidence Penelitian ini didasari oleh adanya fakta yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self confidence. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu Factorial Experiment. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 45 Pekanbaru, dengan kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self confidence, lembar observasi dan dokumen arsip sekolah. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Tardapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi penerapan model pembelajaran discovery learning dengan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self confidence SMP Negeri 45 Pekanbaru. Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZULKIFLI NELSON, -2009076301zulkifli.nelson@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:40
Last Modified: 30 Oct 2024 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84358

Actions (login required)

View Item View Item