Imam Nawawi (2012) KEMAMPUAN SANTRI MADRASAH ALIYAH DALAM MEMAHAMI KITAB ALFIAH IBNU MALIK DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA AL-ISLAMI KELURAHAN MAHARATU KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201237.pdf Download (434kB) | Preview |
Abstract
Sesuai dengan judul diatas, maka tujuan penulis mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan santri Madrasah Aliyah dalam memahami kitab Alfiah Ibn Malik, dan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi kemampuan santri dalam memahami kitab Alfiah Ibn Malik di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-islami. Untuk memudahkan penelitian ini maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana kemampuan santri dalam memahami kitab Alfiah Ibn Malik di Podok Pesantren Nurul Huda Al-Islami. (2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan santri dalam memahami kitab Alfiah Ibn Malik di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami kec. Marpoyan Damai. Didalam penelititan ini, teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu: test, angket, wawancara, dan dokumentasi. (1) Angket adalah alat pengumpul informasi dengan cara menyampaikan sejumlah pertanyaan secara tertulis yang mana jawaban telah disediakan dan dijawab secara tertulis pula oleh responden. (2) wawancara adalah proses Tanya jawab dalam penelitian yang berlangsung secara lisan. (3) Dokumentasi yaitu mengambil data-data yang berkenaan dengan bahan penelitian, seperti jumlah guru dan siswa, keadaan karyawan sekolah dan lain-lain. Data yang diperoleh kemudian disajikan dan dianalisis secara deskriptif dengan menjelaskan apa adanya tanpa ada pengurangan dan penambahan. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan santri Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami dalam memahami kitab Alfiah Ibnu Malik adalah Kurang Mampu, ini dibuktikan dengan hasil angket dengan persentase 73,33 % yang berada pada kategori 41 – 75 %. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan santri Madrasah Aliyah dalam memahami kitab Alfiah Ibnu Malik dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, faktor intern dan eksteren. Faktor intern meliputi faktor kebiasaan siswa, intelegensi, minat dan perhatian. Faktor ekstern yaitu; lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8431 |
Actions (login required)
View Item |