Dasril (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA TAMAN REKREASI STANUM BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_201153.pdf Download (398kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada Taman Rekreasi Stanum yang berlokasi di jalan Jendral Sudirman Bangkinang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan pada objek wisata Taman Rekreasi Stanum Bangkinang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Taman Rekreasi Stanum Bangkinang. Adapun pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu bagian yang kita ambil untuk mewakili populasi secara keseluruhan yang akan menjadi responden dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS V.13. Berdasarkan hasil analisis program SPSS terbukti bahwa variabel promosi dan pesaing mempengaruhi kunjungan wisatawan pada objek wisata Taman Rekreasi Stanum Bangkinang, ini dibuktikan dengan nilai t tabel sebesar 1,660 < t hitung sebesar 1,748 dengan signifikansi probabilitas sebesar 0,084 > 0,05 untuk variabel promosi dan t tabel sebesar 1,660 < t hitung sebesar 1,778 dengan signifikansi probabilitas sebesar 0,079 > 0,05 untuk variabel pesaing. Sedangkan secara simultan keempat variabel bebas secara bersama-sama tidak mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan pada objek wisata Taman Rekreasi Stanum Bangkinang, ini dibuktikan dengan nilai f tabel sebesar 3,936 > f hitung sebesar 1,946 dengan signifikansi probabilitas sebesar 0,109 > 0,05. Nilai R sebesar 0,275, berarti hubungan keeratan secara bersama-sama antara variabel dependen dan variabel independen lemah karena R < 0,5. Nilai R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,076 artinya 7,6% jumlah kunjungan wisatawan pada objek Taman Rekreasi Stanum dipengaruhi oleh faktor harga, promosi, selera dan pesaing, sedangkan sisanya sebesar 92,4% dipengaruhi sebab-sebab yang lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Keyword : Harga, Promosi, Selera dan Pesaing
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 08:15 |
Last Modified: | 14 Jan 2016 08:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/842 |
Actions (login required)
View Item |